Monday, December 22, 2014

Turisca : Digitalisasi ODTW Indonesia Berbasis Augmented Reality Melalui Android dan Web

Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, membentang dari Sabang sampai Merauke, Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Letak geografis Indonesia yang strategis menghasilkan lokasi ideal bagi seluruh unsur kehidupan, baik manusia, tumbuhan dan hewan. Objek dan daya tarik wisata Indonesia menyimpan sejuta rahasia yang menakjubkan dan masih belum terjamah oleh masyarakat.
Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) merupakan suatu tempat wisata yang termasuk kesenian, kebudayaan dan panorama alam serta adat istiadat masyarakat. Berbagai wisata-wisata tersebut hanya dapat diketahui melalui media informasi tradisional seperti mulut ke mulut, brosur dan katalog wisata yang dikeluarkan pemerintah setempat.
Menurut laporan statistis Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia sebagai salah satu destinasi dunia dengan total kunjungan wisatawan mancanegara bulan Agustus 2014 sebanyak 826.821 wisman, meningkat 9,08 % dari tahun 2013. Potensi masih terus meningkat dengan meningkatnya sarana dan prasarana penunjang pariwisata.

Perkembangan teknologi semakin cepat merambah ke berbagai bidang termasuk wisata. Salah satu diantaranya yaitu augmented reality. Augmented reality menyediakan computer vision, image processing dan computer grafis yang diolah ke konten digital secara real time atau terkini. Teknologi ini juga memungkinkan interaksi antara pengguna, objek nyata dan objek virtual secara terkini (Sanni, 2012). Dengan menggunakan teknologi augmented reality dapat menampilkan informasi yang lebih interaktif, menarik dan berbeda. 

No comments:

Post a Comment